Sabtu, 26 Januari 2013

cerita fisika


Cerita fisika
CERITA 1
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu..
Hari ini kita akan melanjutkan materi minggu lalu. Tapi, sebelumnya saya tekankan kepada Ananda sekalian. Ananda sudah tahu semua  “kebersihan sebagian dari iman”. Namun, mangapa suasana kelas hari ini terlihat kotor? Yah ‘ siapa yang bertanggung jawab membersihkan hari ini?
Sebelum masuk ke materi. Ibu punya cerita singkat..
Seekor kurcaci angkuh menjadikan alergi debu sebagai alasan untuk tidak membersihkan. Namun, Sang Nirmala menasehatinya bahwa tahukah engkau bahwa tidak ada ciptaan Allah  yang sia-sia. Di balik kejelekan debu juga mempunyai manfaat yang terselubung. Nah, pasti Ananda sekalian penasaran kan?
Debu dapat mengotori  lingkungan, namun keberadaan debu bisa sangatlah penting. Misalkan  saja saat uap air di udara mencapai kejenuhan , uap air akan memerlukan debu dalam udara  untuk bergabung membentuk air hujan yang jatuh ke permukaan bumi. Jika tidak ada debu, di dunia ini tak mungkin turun hujan ataupun salju. Selain itu, debu  yang ada dalam udara juga dapat  membantu menghalangi sinar matahari langsung sehingga makhluk hidup di bumi tidak akan kekeringan akibat sinar matahari yang terlalu kuat. Dari sini tampak jelas betapa pentingnya debu. Jadi, satu lagi contoh fakta dalam kehidupan sehari-hari yang kita ungkap melalui konsep fisika.

CERITA 2
Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat pagi anak-anak pada pagi ini ibu akan mejelaskan kepada anak-anakku sekalian kita akan mulai memasuki pembahasan yang  baru yakni materi  pembahasn kita tentang  “Listrik serta perananya Dalam Kehidupan Sehari-hari”. Namun sebelum ibu melanjutkan materinya ibu akan menceritakan terlebih  dahulu cerita pengantar yang berhubungan dengan materi yang akan ibu ajarkan pada pagi hari ini. Kalian pasti ingin tahu kan anak-anak??? Hmm.. ok baiklah ibu akan memulai ceritanya
Jadi gini suatu hari  tercari percakan serius antara si A ( keponkan ) dan B (paman)
“A” ( keponakan) = ( berlari mendekati pamanya) paman,,,,…!!,….paman,,…!!!
“B”(paman)          = apa rebut – rebut aja???
“A”(keponakan)   = (dengan napas tersengal-sengal) paman, kotak di dalam kotak ,,,
“B”(paman) = ( dengan muka yamg heran) kotak?
“A”( keponakan) =Itu!!! Di dalam kotak ada orang bergerak – gerak !!!
“B”(paman) = (heran untuk kedua kalinya dengan apa yang di utarakan oleh keponakannya)        hah…!!  Di dalam kotak ada orang?? Maksudmu ada orang bagaimana?? (berfikir sejenak,,.. dan pamanpun mengerti maksud dari keponakannya itu) sambil tertawa paman berkata                                       hahaha!!! Aku tahu, maksudmu pasti televise,kan???
“A”( keponakan) = wah!! Televisi, ya?? Televisi menampilkan gambar serta pemandangan dalam gambar   dengan menggunakan pemancaran serta penerimaan cahaya dan suara
  (dengan muka terheran-heran) pemancar???,gambar??
“B”( paman) = ( berjalan sambil berkata) ayo!!! Ikuti aku, biar biar aku jelaskan ya!!!  Cob lihat !!  televisi juga bisa berganti- ganti saluran seperti ini nih (sambil memencet remot control  televisi ) .

Sejarah Penemuan televisi
  Pada tahun 1884, Paul Nipkow, seorang ilmuan berbangsa Jerman, menciptakan sebuah alat yang mampu mengubah sinyal listrik menjadsi gambar. Setelah melewati penelitian oleh para ilmuan di berbagai Negara . pada tahun 1925  berdasarkan toeri Nipkow , seorang ilmuan yang berasal  dari Inggris, John Logie Baird , akhirnya berhasil menciptakan “ system Tayangan Televisi” untuk pertama kalinya . Ia kemudian  di kenal sebagai “ bapak Penemu Televisi”. Ciptaannya ini disebut-sebut sebagai televisi yang pertama. Tahun 1935, setelah perusahaan BBC dari Inggris mendirikan perusahaan yang menyiarkan program televisi pertama di Dunia memasuki sustau masa penyiaran televisi.

Baiklah anak-anak sekian cerita dari ibu bagaimana kalian biasa memetik ilmu pengetahuan dari cerita tersebut bukan?? Ok ibu akan mulai masuk ke materi yang akan kita pelajari pada hari ini anak-anak ….

CERITA 3

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat pagi anak-anak pada pagi ini ibu akan mejelaskan kepada anak-anakku sekalian kita akan mulai memasuki pembahasan yang  baru yakni materi  pembahasn kita tentang  “ Manfaat Gelombang Micro Dalam Kehidupan Sehari-hari”. Namun sebelum ibu melanjutkan materinya ibu akan menceritakan terlebih  dahulu cerita pengantar yang berhubungan dengan materi yang akan ibu ajarkan pada pagi hari ini.
“A” ( keponakan) = Wowww nikan Microwave!! Besok- besok kita ngak perlu memakai gas untuk                                    memasak lagi,deh!!
“B”(paman)          =  betul!!! Lgi pula microwave tidak bias membuat gosong makanan
“A” ( keponakan) = horeee!!! Kita memveli barng yang tepat !!!, paman sekarang kita makan mie saus                                      daging, yuk!!
“B”(paman)          = okk tidak masalah!!

Gelombang micro yang bias menyuplai energy untuk makanan
            Microwave tidak akan bias membuat makanan gosong karena menggunakan gelombang mikro dari gelombang elektro magnetic untuk memanaskan dan merawat kandungan makanan. Setelah gelombang mikro menyuplai energy untuk makanan, molekul yang terdapat didalam dan diluar makanan aka bergetar karena pengisapan energy . dalam proses ini, setiap detiknya molekul-molekul akan bergetar sebanyak 2 miliar 450 juta kali. Akibatnya, molekul bergesekan menghasilkan panas, lalu masuk  dan dengan  cepat memanaskan makanan. Namun, pada proses pemanasan seperti ini, kandungan air dalam makanan perlahan-lahan akan berkurang. Oleh sebab itu, semakin lama makana berada di dalam microwave maka makanan akan semakin kering dan keras
Nahh, dengan cerita ini akan memgambarkan sedikit tentang materi yang akan ibu ajarkan pada hari ini….

Cerita 4
Assalamu alikum Warahmatullahi wabarakatuh
Selamat pagi anak- anak !!! dan salam sejahtera bagi kita semua
Seperti biasa sebelum ibu masuk ke materiri sesungguhnya ibu terlebih dahulu akan bercerita tentang materi yang akan ibua ajrkan kepada ananda sekalian ibu akan bercerita tentang bagaiman acaranya membedakan arah???
Seperti biasa ibu akan menceritakanya masih dengan percakapan antara p-aman dan keponakannya… tidaka apa-apa kan ananda
Keponakan = Paman  lihat Din Dong gak???
Paman = lihat…
Keponakan = dimana paman???
Paman = ( sambil menunjuk) dia sedang bermain di belakang batu besar di sebelah utara sana…
Keponakan = utara ya ( sambil berlari dan mengatakan terima kasih paman) (rem mendadadadak)!!!                                    Hm paman utara itu di mana ya???
Paman = ( sambil menyerahkan kompas) bawa ini, benda ini bias memberikan tahu kamu arah yang benar
Keponakan = ( sambil mengambil kompas) ini kompas buatan orang Cina!!! Alat ini bias membedakan                                arah…wahhhh!! Hebat

Sejarah kompas
Kompas berguna untuk menentkan arah. Catatan paling awal mengenai mengenai pembuatan kompas adalah pada seribu tahun lalu, yakni tulisan Laksamana Cheng-ho dari dinasti song ,Cina. Catatan itu disebut “ catatan sungai meng”. Di antara catatan itu ada pembahasan bahwa dengan mengasah magnet menjadi bentuk jarum dan membiarkannya mengapung di permukaan air, maka manusia akan dapat membedakan selatanm atau utara dengan jelas. Kompas yang ditemukan oleh orang  Cina sampai ke Eropa lewat pedagang Arab. Temuan inilah yang kemudian membuat bangsa Eropa meluaskan pelayarannya dan menemukan daratan-daratan baru.

Cerita 5
Assalamu alikum Warahmatullahi wabarakatuh…!!!
Selamat pagi anak- anak !!!
dan salam sejahtera bagi kita semua….
 Nahh ananda sekalian materi kita pada hati ini yakni tentang OPTIK. Namun, Seperti biasa sebelum ibu masuk ke pokok permasalahan ibu terlabih dahulu akan bercerita tentang ” benda apa yang bisa membantu kita melihat yang lebih jauh”???
 Nahh pada suatuy hari si “A” dan si “B” bermain tebak angka brsama- sama si “A” ini nomor berapa  dari kejauhan si “b” menjawabnya  “delapan”  hebat penglihatanmu bagus juga ya’’’baik kalau begitu saya akan manggeser papan tulis ini lebih jauh lagi dan kamu harus bisa menepak angka yang saya tunjuk. Okkk sekarang angka apa ini??? Dengan spontan si “B” menjawan “empat”  si “A” heran !!! ajaib kok masih bisa kelihatan dari kejauhan si “ B” tertawa sambil memlihat wajah temanna terheran- heran “ hahahaha” kalau pakai teropong apapun benda yang jaraknya jauh bisa terlihat.sambil memperlihatkan teropong yang dia pegang. Si “A” jadi ini yang namanya teropong ??? si “B” iya penemunya penjual kacamata di Belanda loh…

SEJARAH TEROPONG
            Pada tahun 1608, ada seorang pedagang kacamata di Belanda bernama Lippershey Hans yang menggunakan dua jenis lensa dan disatukan. Temuanya ini membuat orang dapat melihat benda yang jaraknya jauh. Dengan demikian terciptalah “teropong”. Berita ini didengar oleh ilmuan Galileo Galilei . kemudian di modifikasi teropong tadi dan berhasil menciptakan “ teropong Astronomi” yang dapat membantu kita melihat benda- benda angkasa. Pada tahun 1668, Newton kemudian membuat teropong dengan effect pantul yang semakin memudahkan kita untuk melihat benda angkasa. Sejak saat itulah manusia dapat menggunanakan teropong dan dapat mempelajari dengan saksama luasnya luar angkasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar